Jepang Telah Berhasil Membuat Makanan dari Kotoran Manusia

Jepang Telah Berhasil Membuat Makanan dari Kotoran Manusia?


Mitsuyuki Ikeda, ilmuwan asal Okayama Laboratory yakin bahwa banyak protein bagus yang terdapat dalam kotoran manusia dan bisa dimanfaatkan. Untuk itu, dia mencari cara untuk mengekstraknya, kemudian mencampurnya dengan saus steak, dan berhasil membuat kotoran  itu menjadi makanan.

Orang mungkin bertanya - tanya untuk apa dia  melakukan  hal seperti itu. Ternyata, alasan utamanya itu justru dari permintaan pemerintah Tokyo itu sendiri.

Sebagai informasi, Tokyo saat itu kewalahan dengan lumpur selokan bawah tanah, dan satu-satunya cara untuk mengatasinya selain membuangnya ke laut adalah dengan memakan "kotoran-kotoran" tersebut.

Saat diteliti, Ikeda menemukan bahwa lumpur itu penuh dengan protein karena banyaknya konten bakteria di sana. Setelah dikombinasikan dengan peningkat reaksi dan menempatkannya di mesin ajaib yang disebut "exploder", akhirnya steak buatan yang berasal dari  kotoran itu berhasil dibuat.

Lumpur kotoran itu menurutnya mengandung 63 % protein, 25 % karbohidrat, 3 % vitamin yang larut dalam lemak, serta 9 % mineral. Steak buatan yang dihasilkan pun warnanya juga merah, jadi konsumen tidak akan tahu bahwa yang akan dimakannya itu merupakan kotoran olahan.

“Dari uji pertama, orang-orang yang sudah mencobanya menyebutkan jika rasanya seperti daging sapi,” tutur Ikeda, seperti dikutip dari Digital Trends.

Menurut Ikeda dan rekan-rekannya, cara ini merupakan solusi sempurna untuk mengurangi jumlah limbah dan emisi dari perut. Namun sayangnya, kekurangan dari solusi yang ditawarkan Ikeda adalah masalah biaya. Biaya untuk memproduksi ‘steak’ buatan itu 10-20 kali lebih mahal dibandingkan dengan harga daging sapi sungguhan. 



0 Response to "Jepang Telah Berhasil Membuat Makanan dari Kotoran Manusia"

Post a Comment